Bau Kotoran Kelelawar di SD Pasuruan Tercium Hingga Radius 1 Km


Ribuan kelelawar yang bersarang di gedung sekolah SDN Nguling I Desa/Kecamatan Nguling Kabupaten Pasuruan tak hanya mengganggu proses belajar. Bau menyegat kotoran kelelawar yang menghuni atap gedung lantai 2 sekolah itu juga mengganggu warga sekitar.
Menurut warga sekitar, bila hujan datang bau kotoran kalelawar sangat menyegat dan menggangu. Bahkan bau tak sedap yang berasal dari timbunan kotoran binatang malam tersebut bisa tercium dari radius 1 KM.

"Kalau hujan, baunya bisa sampai sini," kata salah seorang warga yang enggan namanya disebutkan kepada detiksurabaya.com, Kamis (5/5/2011).

Pria yang jarak rumahnya di radius 1 KM dari gedung SDN mengaku jika warga sekitar sudah sangat terganggu dengan bau tak sedap tersebut sejak lama. "Ya jelas terganggu," tambahnya.

Kondisi ini diamini Kepala Sekolah SDN I Nguling, Suyono. Dia mengaku jika semua warga yang ada di sekitar gedung pasti terganggu dengan bau menyegat kotoran kelelawar. Saking banyaknya kelelawar di gedung sekolah, kata Suyono, bila dikumpulkan setiap hari bisa mencapai 6 sak kotoran.

"Bahkan banyak plafon yang jebol gara-gara kotoran," tuturnya.

Berbagai upaya yang sudah dilakukan untuk mengusir kelelawar, diantaranya dengan penyemprotan pun sia-sia. Pihaknya mengharapkan pemerintah melalui dinas terkait cepat merespon agar masalah tersebut cepat teratasi.

"Kasihan siswa dan warga. Mereka sudah lama terganggu dengan keberadaan kelelawar," pungkas Suyono.

Sebelumnya diberitakan, ribuan kelelawar bersarang di atap lantai 2 gedung sekolah itu SDN Nguling I Desa/Kecamatan Nguling, Kabupaten Pasuruan, Jawa Timur. Akibatnya, proses belajar mengajar di SD tersebut terganggu suara bising dan bau tak sedap yang sangat menyegat kotoran kelelawar.


sumber: detik.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pengunjung

free counters

Chatting


ShoutMix chat widget