Chrome Lebih Sering Dipakai "Browsing" Ketimbang Firefox

Berita Gres. Web browser Google, Chrome berhasil menjadi nomor dua pemegang pangsa pasar browser Internet terbesar, menggeser Mozilla Firefox. Ini merupakan kali pertama keberhasilan Chrome menyalip Firefox.

Peringkat teratas masih tetap dipegang oleh Internet Explorer, browser milik Microsoft. Meski tak populer di kalangan pengguna, IE masih tetap menjadi browser yang paling banyak digunakan di seluruh dunia. Data ini dilansir oleh firma analisis StatCounter pada Jumat (2/11/2011).

Chrome tercatat sanggup meraih 25,69 persen pangsa pasar browser dunia, naik drastis dari hanya 4,66 persen pada November 2009 lalu. Firefox yang terdepak ke posisi tiga angka, yang sebenarnya raihannya hanya terpaut sedikit dari Chrome, yaitu sebesar 25,23 persen. Sedangkan, sang jawara Internet Explorer masih perkasa dengan raihan pangsa pasar sebesar 40,63 persen.

StatCounter menyebutkan metode riset web browser yang mereka lakukan adalah dengan memantau kuantitas penggunaan browser yang digunakan untuk mengakses web, bukan dari jumlah download-nya. Yang berarti, Chrome tak hanya lebih banyak di-download oleh pengguna tetapi juga lebih sering digunakan untuk mengakses web, dibanding Firefox.

Mendekatnya Chrome ke Internet Explorer mensahihkan persaingan antara Google dan Microsoft di industri teknologi informasi dunia. Selain bersaing di ranah mesin pencari, mereka berdua juga bersaing di segala bidang, misalnya di ranah sistem operasi di mobile.

Sumber : kompas.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pengunjung

free counters

Chatting


ShoutMix chat widget